Minggu, 13 Maret 2016

Sinus Membandel


(Gambar diambil dari internet. Artikel ini bukan iklan)

Sudah sebulan lebih Aqila bolak balik jatuh sakit. Asma, pilek, dan selalu mengeluh capek. Dua bulan ini sudah 3 kali dia berkunjung ke rumah sakit. 

Akhirnya kemarin bunda bawa Aqila ke dokter anak langganan, dokter Anthony Chee di ABC Clinic di Hougang. Ternyata memang sinus/alergi rhinitis penyebab menurunya kesehatan Aqila.

Apa pencetus sinus? Banyak, antara lain bakteri flu, debu, tungau debu, bulu hewan, spora/ pollen tanaman atau bunga dll. Buat Aqila, semuanya bisa membuat 'resah' 

Karena sakit sudah berjalan satu bulan, Aqila harus minum antibiotik, antiistamine, prednisolone, pakai corticosteroid nose spray dan memulai regime membersihkan hidung secara teratur dengan bantuan alat di gambar di atas. 

Botol (squeeze bottle) Neilmed di atas diisi air hangat matang dengan campuran bubuk garam (satu paket dengan botolnya), lalu kita membersihkan hidung dengan menyemprot cairan ke dalam lubang hisung, kiri-kanan bergantian. Biasanya sesudah itu kita akan merasa lebih lega bernapas, karena banyak mucus/ ingus yang keluar dalam proses pembersihan tadi. Buat penderita sinus/alergi rhinitis, ritual ini harus dilakukan setiap hari, 2-3 kali sehari, bahkan ketika badan sehat. 

Sementara itu, sang bunda kerja keras membersihkan rumah. Menyapu, mengepel dan mengelap debu harus dilakukan lebih sering!

Dokter spesialis alergi Aqila dulu sekali pernqh berkata, alergi rhinitis pada anak2 biasanya akan semakin memburuk kondisinya ketika si anak makin besar. Hm...dulu kurang percaya tapi sepertinya bu dokter benar ya. Baiklah, pasti ada cara untuk memperbaiki kualitas hidup penderita sinusitis. Mari kita cari tahu. 

Tidak ada komentar: