Rabu, 04 Mei 2016

SYF 2016 - String Ensemble

Singapore Youth Festival adalah pesta seni tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Singapore (MOE). Tuhuan penyelenggaraan SYF adalah untuk memberi kesempatan kepada para pelajar Singapura untuk mengembangkan dan mempertunjukkan bakat seni mereka. Jadi tidak melulu belajar saja :) 

Penyelenggaraan SYF dilakukan selang-seling, tahun ini diperuntukkan bagi pelajar Primary Schools dan tahun depan untuk pelajar Secondary Schools. Dua tahun lagi festival kembali diadakan untuk pelajar Primary Schools dan begitu selanjutnya.
 

Presentasi Seni di festival ini dibagi menjadi banyak kategori, antara lain: tarian (melayu, china, india, internasional), paduan suara, ensembel gitar, orkestra guzheng (alat musik tradisional dari China), ensembel alat musik gesek, dan banyak lagi. 

Mendekati tanggal festival, hampir semua sekolah di Singapura sibuk menyiapkan murid2nya. Guru dan instruktur yang menangani CCA (co-curricular activity) sudah pasti super sibuk sejak beberapa bulan sebelum festival diselenggarakan. Mendekati acara, parent volunteers diminta membantu di departemen make-up, hairdo dan pendampingan selama festival berlangsung. 


Tahun ini adalah ketiga kalinya Aqila berpartisipasi dalam SYF, tahun terakhir dengan sekolahnya, karena sekarang dia sudah kelas 6. Seperti yang Anda tebak, benar grup sekolah ini berpartisipasi dalam SYF kategori string ensemble, ensembel alat musik gesek. Tentunya sekolah Aqila berpartisipasi juga dalam kategori yang lain seperti tarian internasional, ensembel gitar dan paduan suara. 


(Parent volunteers membantu para peserta cilik bersiap diri)



Untuk kategori ini dan juga ensembel gitar, tempat festivalnya adalah di University Cultural Centre, di Republic Polytechnic - Woodlands. Kategori lain seperti paduan suara diadakan di SOTA, dan tarian tradisional di NUS. Untuk lengkapnya bisa google: SYF 2016 Art Presentation. 

Setelah tiga kali mengikuti, akhirnya tahun ini sekolah Aqila meraih Accomplishment award, sekelas silver award. Para guru, instruktur, murid dan orang tua yang terlibat langsung dalam festival tentunya sangat bahagia menerima hasil baik ini. Tapi sebenarnya yang terpenting adalah, para peserta cilik ini mendapat pengalaman berharga, latihan intensif selama persiapan, disiplin, kebersamaan, saling melengkapi dan bekerjasama untuk menghasilkan yang terbaik. Selamat kepada semuanya! 

Tidak ada komentar: