Selasa, 12 Agustus 2008

Gejala Asma?

Baru seminggu lepas dari obat, Aqila kambuh lagi batuk kronisnya.

Kesal, sedih, penasaran campur aduk. Bawa lagi ke rumah sakit, sekalian ketemu (impromtu) dg dokter alerginya. Sekalian bikin janji untuk tes paru2, utk cek kondisi dan mengetahui apa Aqila memang ada kecenderungan ke Asma ato yg lainnya.

Untuk anak dg multiple food allergies dan ditambah allergy rhinitis (sensitive nose) spt Aqila, kemungkinan untuk juga mengidap asma lebih besar (sekitar 80% ke atas) dibanding anak2 lainnya. Tapi ini semua belum pasti sampai nanti Aqila menjalani tes paru2 dulu. Sementara, penyakit2 paru2 pada anak2 (mau asma, bronkiolitis dan lainnya) penanganannya kurang lebih sama. 

Asma bukannya penyakit mematikan, tapi perlu penanganan dan kontrol menerus (long term). Sekarang ini berhubung Aqila sedang kambuh, dia harus menjalani terapi inhaler/puffer dua macam. 
1. Preventer (long term use) spt beclomethasone. GUnanya untuk mengontrol inflamasi dan sensitifitas respiratory tract. Supaya tidak sebentar2 infeksi.
2. Reliever (short term use) spt ventolin / salbutamol. Untuk mengobati resp tract jika ada 'athsma attack'
3. Ditambah lagi obat baru, namanya SingulAir (montelukast sodium, MSD). Bentuknya granule (bubuk halus) yg dimakan atau ditabur di makanan tiap 1 x sehari. 
(http://www.merck.com/product/usa/pi_circulars/s/singulair/singulair_ppi.pdf)

Untuk obat ke 3 ini, hari ini blom berhasil nih. Soalnya Aqila sudah bisa merasakan traces of its taste di cerealnya. Jadi dia huek...huek...deh. Duuh....gimana lagi ya? Soalnya gak bisa dicampur dg solution (air/ juice), katanya cairan bisa membuat obat tidak bekerja.

BTW...apakah itu montelukast sodium? Dan apa gunanya? Naah....saya musti cari info dulu ya. Soalnya baca leaflet info di dalam boxnya gak mudeng. Susah ....gak ngerti ...hehe

Info tentang Asma, tunggu posting berikutnya ya.


5 komentar:

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Kemarin ada pasien anak2 umur 9 tahun dg asma bronkiale.Pencetusnya: terkena paparan air hujan.Semalaman dia gak bisa tidur karena sesak nafas..kasihan aku melihatnya.Kuterapi dg berotec (fenoterol hydrobromide) ama injeksi dexametason intramuskular..Alhamdulillah nafasnya agak longgar.Terapi oralnya aku pake salbutamol.
Yang sabar ya mbak..Semoga Aqila lekas sembuh.Montelukast sodium aku baru dengar..Pas koas dulu jg gak pernah pake itu.

si Dyah mengatakan...

Iya...Aqila juga kalo lagi kambuh begitu, bolak balik bangun dari tidurnya karena sesak napas. Kasihan.

Mentelukast sodium, sudah saya beri link untuk caritahu infonya.

Kata dokter, ini memang obat baru. Harganya masih belum harga subsidi :(

Blom berhasil pula memberi obatnya ke Aqila!

waaaa...

Lisa mengatakan...

Dy, ada temen yg nulis buku ttg asma
http://graha.blogspot.com/

si Dyah mengatakan...

Makasih infonya Lis,

Aku akan berkunjung ke sana! :)

Irawan mengatakan...

# Memakai PIKO Pendant atau PIKOFIR secara reguler mampu meningkatkan tingkat energi kovalent dari setiap atom Hydrogendalam tubuh. Hal ini sangat penting karena senyawa kovalent hydrogen-lah yang mengikat DNA Anda bersama-sama.
# Memperbaiki mental (sebagaimana ditunjukkan oleh meningkatnya amplitudo frekuensi EEG) atau rekam otak. Meningkatkan gelombang alpha ke otak, sehingga meningkatkan IQ & EQ
# Memperlambat proses penuaan dini.
# Memainkan peran penting dalam mencegah dan menghilangkan berbagai penyakit : Kanker, Artritis, Rematik, Batuk, Asma, Hipertensi. Peradangan ( inflamasi )
# Meningkatkan persediaan (supply) oxygen dalam aliran peredaran darah dan otak.
# Mengurangi tingkat stres, sakit kepala, pusing, vertigo dan migrain.
# Memperbaiki gangguan pencernaan, konstipasi (sembelit), membantu meringankan gastrointestinal tract dan mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.
# Memperbaiki fungsi kekebalan tubuh. Sebagai Antibody