Sabtu, 29 Maret 2008

Jeblok di Sains




Aqila lagi senang bereksperimen dengan air ketika waktu mandi.

Peralatan favoritnya botol bekas air mineral, sendok gede (yg untuk main pasir itu) dan dua gelas mainan yg berlubang di alasnya. Ukuran gelasnya berbeda, begitu juga jumlah lubangnya. Gelas yg besar (biru) ada 4 lubang, gelas yg kecil (hijau) ada 3 lubang.
Lagi asyik main, dia sempat tanya ke bundanya :

" Bunda why does the water from here (sambil nunjuk gelas yg biru) go down to here (somebil nunjuk gelas yg hijau) but the water in here (nunjuk lagi gelas yg hijau) goes up? "

BUnda : "Errr....coba ulangi nak, bunda gak ngerti?"

Aqila ya ngulang lagi lah dg kalimat yg persis sama.

Reaksi bundanya: "Aaaah....masak, mana ada air di gelas berlubang naik ke atas, bukannya turun ke bawah (ke botol akua). Coba mana bunda lihat?"

Eeee...kok bener itu kejadiannya! Air di gelas hijau kok malah naik ya? Blank...blank...gak punya jawabannya! Ketauan deh di sekolah dulu jeblok sainsnya !

Sekarang baru nyadar, lah iyalah begitu kejadiannya. Kan air yg masuk dari gelas biru ke gelas hijau jumlah/volumenya lebih besar daripada vol air dr gelas hijau yg turun ke botol akua. Kan lubang nya juga beda...gelas biru ada 4 lubang...gelas hijau ada 3 lubang!

Duuh...orang sini bilang 'gundu' banget ya!

Ngomong2....ngerti gak cerita saya? hehehe susah ya ngebayanginya?Yah...pokoknya intinya...bundanya Aqila ngaku deh...ilmu sainsnya jeblok!

1 komentar:

Dyah Peni Tunjung Sari mengatakan...

POsting ttg topik yg sama saya hapus, ini yang baru. Soalnya kyknya ada spam comment masuk! hiiii serem...

Jangan klik Zololkis ato apa itu yaaaa!!!

YOu've been warned!